reza-pahlevi11.blogspot.com

Ad 468 X 60

.

Widgets

Jenis Wireless Network

 JENIS-JENIS WIRELESS




 Sebelum masuk ke pembahaasn utama kita harus tau apa itu wireless, wireless adalah teknologi tanpa kabel, dalam hal ini adalah melakukan hubungan telekomunikasi dengan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti kabel. Saat ini teknologi wireless berkembang dengan pesat, secara kasat mata dapat dilihat dengan semakin banyaknya pemakaian telepon sellular, selain itu berkembang pula teknologi wireless yang digunakan untuk akses internet.


 

ada pun jenis-jenis wireless network yaitu

1. WPAN (Wireless Personal Area Network)
2. WLAN (Wireless Local Area Network)
3. WMAN (Wireless Metropolitan Area Network)
4. WWAN (wireless Wide Area Network)

Berikut penjelasan dari jenis-jenis wireless yang ada di atas :

 1. WPAN (Wireless Personal Area Network)

 WPAN Merupakan network yang dibentuk oleh berbagai perangkat dengan cakupan sekitar 10 meter. WPAN menggunakan Gelombang radio 2,4 GHz dan biasanya menggunakan perangkat berbasis Bluetooth. Sebuah WPAN dapat terdiri atas perangkat personal seperti Handphon, PDA, BlackBerry,Notebook,printer dan perangkat lainnya. Standart WPAN telah di tentukan Oleh IEEE dengan kode 802.15.




 2. WLAN (Wireless Local Area Network)

Sejarah WLAN dimulai pada tahun 1997. Lembaga IEEE membuat spesifikasi WLAN pertama yang diberi kode 802.11. peralatan yang sesuai standart 802.11 bekerja pada frekuensi 2.4 GHz dengan kecepatan transfer data maksimal 2Mbps. pada juli 1999 IEEE kembali mengeluarkan spesifikasi baru yang diberi kode 802.11b yang memiliki kecepatan transfer maksimum 11 Mbps, kecepatan ini sebanding dengan Card Ethernet tradisional.
IEEE kemudian mengeluarkan spesifikasi 802.11a yang bekerja pada frekuensi 5GHz dengan kecepatan maksimum 54Mbps. Gelombang radio yang berasal dari peralatan 802.11a sukar menembus dinding atau penghalang lain.

Perangkat NIC yang di gunakan untuk WLAN adalah wifi (Wireless Fidelity) card.agar berbagai komputer dapat terhubung dengan WLAN maka harus digunakan perangkat sentral bernama Access Point (AP) untuk mengatur pemakaian media pada WLAN.

WLAN lebih banyak / sering ditujukan untuk keperluan di dalam ruangan (indoor). Namun saat ini sudah banyak orang yang memanfaatkan perangkat wifi untuk keperluan luar ruangan (outdoor). misalnya untuk berhubungan dengan jarak lebih dari 2 km dan di perlukan antena eksternal yang harus dipasang pada ketinggian tertentu.

 
3. WMAN (Wireless Metropolitan Area Network)


IEEE mendefinisikan tekologi WLAN yang disebut WIMAX. ada dua standar WIMAX yaitu FIXED WIMAX dan MOBILE WIMAX. frekuensi yang dgunakan fixed wimax adalah 2GHz dan 11 GHz, sedangkan mobile wimax menggunakan frekuensi 2,66GHz. Teknologi wimax bertujuan untuk menjangkau area seukuran sebuah kota, jadi wimax melngkapi wifi dan blutooth.


4. WWAN (wireless Wide Area Network)

Wireless WAN relatif lebih baru dan berbeda dibandingkan dengan WLAN. WWAN menggunakan teknologi network seluler seperti WIMAX,UMTS,GPRS,EDGE,CDMA2000,GSM,CDPD,NOBITEX,HSDPA, atau 3G untuk komunikasi data. teknologi seluler memungkinkan akses di manaoun secara luas dan fleksibel.




Demikain yang dapat saya jelaskan semoga bermanfaat dan trimakasih telah berkunjung

SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: Muhammad Reza Pahlevi

0 komentar: